STARDUINO – Minimum System ATmega8 Yang Kompatibel Dengan Arduino

0

Arduino bukanlah barang baru, usianya sudah 5 tahun sejak diciptakan pada tahun 2005 yang lalu. Hanya saja, saya pribadi baru mempelajari dan menggunakannya ±1 bulan yang lalu. Walhasil, ternyata Arduino sangatlah bagus! Tak hanya karena desain hardware yang open source serta software IDE yang gratis, tapi saya benar-benar merasakan bahwa membuat aplikasi dengan Arduino sangatlah mudah! 
Skematik Arduino tergolong sederhana, tapi disitulah letak keunggulannya. Karena sederhana, maka mudah untuk membuatnya sendiri atau bahkan membuat versi turunannya yang disesuaikan dengan keperluan kita sendiri.
Adalah Starduino, versi sederhana dari Arduino buatan saya. Board ini pada dasarnya adalah minimum system AVR yang bisa digunakan untuk ATmega8, ATmega168, dan ATmega328. Namun, board ini memiliki I/O Map yang sama dengan Arduino. Dan untuk menyederhanakan sistem, maka antarmuka port serial tidak diikut-sertakan dalam board, tetapi dibuat secara terpisah. Hal ini mengingat tidak semua aplikasi membutuhkan komunikasi data serial. Board ini tidak dilengkapi dengan port ISP Downloader, jadi Anda menggunakan board ini sebagai minimum system ATmega8/168/328 (tanpa bootloader), maka Anda membutuhkan programmer untuk memprogram ke mikrokontroler.
Agar board ini dapat digunakan dengan software Arduino, maka tentunya mikrokontroler ATmega8 harus diisi dengan program bootloader Arduino untuk ATmega8. Dan diperlukan rangkaian konverter RS232-to-TTL yang bisa dibuat sendiri.
Nah, berikut adalah gambar layout PCB Starduino.

Dan berikut ini adalah board Starduino siap-pakai.

Jika Anda membutuhkan minimum system ATmega8 siap-pakai atau board ringkas yang kompatibel dengan Arduino, maka Starduino cocok bagi Anda. Dan tentunya, dengan desain PCB single-layer, maka Anda dapat membuat sendiri dengan mudah.

0 comments:

Post a Comment

Luangkanlah Waktu Anda Sedikit Untuk Berkomentar
PERHATIAN : Diharapkan Untuk Tidak Melakukan SPAM Seperti :
1. Beriklan
2. Memasukkan LINK
3. Berkomentar Bukan Pada Tempatnya. dll
Saya Sangat Menerima Dengan Senang Hati Jika Anda Melakukannya Di BUKU TAMU Yang Telah Saya Sediakan,Terima Kasih Atas Perhatiannya