Persiapan LKS Nasional 2011 Mobile Robotic

0


hemmm.
mau nulis apa yah??? cpek ne ltihan trus. dri pagi mpe malam. mudah-mudahan kerja keras ane gag sia" yaa..amin.
ane lagi ltihan buat persiapan LKS(Lomba Kompetensi Siswa) Nasional bidang lomba Mobile Robotic/Robotino. Mobile Robotic atau lebih dikenal dengan ROBOTINO merupakan robot canggih yg dirancang dan diproduksi oleh Festo (perusahaan jerman yg handle pneumatik dan hidrolik itu lo). Robot  ini mempunyai processor setara dengan pentium yg mampu menerima OS Linux.

Robotino dilengkapi dengan :
a. sensor infrared yg berfungsi sebagai sensor jarak
b. kamera yg berfungsi sebagai pembaca warna dan line (garis hitam)
c. sensor induktif yg berfungsi sebagai pembaca aluminium coil
selain sensor diatas, robotino juga dilengkapi dengan Northstar (ane sih msih blum ngerti northstar tu kyak mana). Robotino ini dikontrol dari laptop melalui wi-fi. jadi kita bisa mengatur jalannya robot dari jauh secara manual maupun secara otomatis (program).
untuk memprogram robot ini harus menggunakan sofware khusus yg bernama Robotino View. software ini mempunyai 2 versi yakni Robotino View 1.7 dan Robotino View 2.6.
klo ane sih pake yg 2.6, coz robot ane support ke 2.6.














gambar disamping adalah contoh track Robotino yg harus menggunakan sensor infrared.

hemm..
skian dulu yaa. ntar ane smbung lagi de.
buat agan-agan yg punya ilmu lebih mohon bagi-bagi ya. klo mau ngbrol" sma ane boleh add ane di facebook.
http://www.facebook.com/profile.php?id=100000542211783


0 comments:

Post a Comment

Luangkanlah Waktu Anda Sedikit Untuk Berkomentar
PERHATIAN : Diharapkan Untuk Tidak Melakukan SPAM Seperti :
1. Beriklan
2. Memasukkan LINK
3. Berkomentar Bukan Pada Tempatnya. dll
Saya Sangat Menerima Dengan Senang Hati Jika Anda Melakukannya Di BUKU TAMU Yang Telah Saya Sediakan,Terima Kasih Atas Perhatiannya